Kuliah Bukan Hanya Mengejar Gelar

Bulan Desember  2011 adalah tahun keempat Program Magister Sains Administrasi Pembangunan Universitas Lambung Mangkurat (MSAP UNLAM) berdiri, dan hari lahir tersebut diperingati pada tanggl 03 Desember 2011 yang lalu  dengan sebuah acara sederhana digabung dengan Seminar Pembangunan Daerah yang menghadirkan Prof. Dr. Ismet Ahmad (anggota DPR-RI dari Kalsel), Dr. Muhammad  Syafii MSi (Bupati Hulu Sungai Selatan) dan dua orang akademisi dari Unlam, yakni Dr Ahmad Alim Bachri MSi dan Dr Samahuddin Muharram MSi.
Sebelumnya, pada tanggal 26 November 2011, sejumlah alumni Program MSAP UNLAM sepakat membentuk Ikatan Persaudaraan Alumni (IPA MSAP UNLAM). Terpilih sebagai Ketua adalah Ibnu Sina, MSi, salah satu alumni lulusan tahun 2011.
Menurut kesaksian Sugiyono MSi, Sekretaris terpilih IPA MSAP UNLAM, kuliah di Program MSAP UNLAM memang tidak mudah, terutama karena nyaris setiap dosen memberikan tugas untuk pengayaan materi. Tetapi pengalaman Sugiyono dan kawan-kawan menunjukkan bahwa meskipun berat, ternyata mereka bisa menyelesaikan perkuliahan hanya dalam tempo 18 bulan.
Dari 34 orang alumni yang sudah dihasilkan Program MSAP UNLAM  memang 14 orang di antaranya dapat menyelesaikan kuliahnya  dalam waktu 18 bulan. Padahal mereka kuliah hanya di akhir pekan, yakni Jum’at dan Sabtu. Hal itu dimungkinkan terjadi karena fasilitas perpustakaan di MSAP UNLAM cukup memadai. Bahkan momok program S2 berupa bimbingan penelitian dan penulisan Tesis bisa diatasi dengan kemudahan bimbingan sejak semester ketiga yang dilakukan oleh para pembimbing senior yang kualified.
Alhasil, tidak salah kalau alumni MSAP UNLAM berujar, kuliah di MSAP UNLAM memang tidak mudah, karena harus sungguh-sungguh belajar; namun mereka merasakan betul suasana   perkuliahan menyenangkan karena fasilitas kampus yang representatif dan kondusif. Dan yang lebih penting, ketika lulus tidak memalukan diri sendiri dan instansi yang mengirim tugas belajar; karena mereka merasakan betul tidak hanya sekadar memperoleh gelar Master, tetapi memang pantas untuk menyandang gelar tersebut.