Program Konsentrasi

Program MSAP-UNLAM memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendalami bidang keahlian tertentu sesuai dengan minat masing-masing. Untuk sementara ini bidang konsentrasi yang ditawarkan adalah: (1) Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD), dan (2) Manajemen Pemberdayaan Masyarakat (MPM). Untuk bisa mengambil konsentrasi ini setiap mahasiswa diharuskan mengambil semua mata kuliah wajib konsentrasi dan satu mata kuliah pilihan yang merupakan mata kuliah wajib konsentrasi lain.

Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD)

Pokok permasalahan yang seringkali jadi kendala pembangunan daerah selama ini adalah kurang akuratnya data perencanaan yang dibuat oleh aparatur pemerintah daerah. Ihwalnya bermula dari kurangnya pengetahuan aparatur dimaksud tentang administrasi perencanaan dan bagaimana isu tersebut dikaitkan dengan kepentingan pembangunan di daerah. Untuk bisa menghasilkan perencanaan pembangunan daerah yang baik dibutuhkan pemahaman komprehensif tentang segala hal yang berkaitan dengan potensi wilayah, keunggulan lokal, dan kelemahan struktural yang dimiliki oleh suatu daerah. Mata kuliah-mata kuliah dari konsentrasi ini diharapkan dapat membekali mahasiswa untuk mampu menjadi perencana pembangunan daerah yang handal.

Manajemen Pemberdayaan Masyarakat (MPM)

Pembangunan nasional yang diformat Pusat untuk Daerah acapkali masih merujuk pada pola lama, yakni memposisikan diri warga masyarakat sekadar sebagai obyek pembangunan dengan target-target yang dirancang oleh perencana pembangunan di Pusat. Pada sisi lain isu good governance yang merupakan jiwa dari reformasi birokrasi membutuhkan partisipasi aktif masyarakat untuk mendukung pembangunan sejak mulai dari tahapan perencanaan program hingga tahapan evaluasinya. Melalui berbagai mata kuliah yang dikembangkan dalam konsentrasi ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk berperan aktif sebagai motivator pemberdayaan masyarakat yang handal sesuai kaidah-kaidah teori pemberdayaan.

Manajemen CSR
Manajemen Keuangan & Aset Daerah