Sejarah MSAP Unlam Banjarbaru

tentangKelahiran Program MSAP-UNLAM ini dibidani oleh Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Daerah Universitas Lambung Mangkurat (PK2PD-UNLAM). Visi PK2PD-UNLAM yang berorientasi pada upaya membangun saling pengertian dan kerjasama antara lembaga pendidikan tinggi di daerah dengan pihak pemerintah daerah diimplementasikan dalam bentuk program kerjasama pelatihan pejabat eselon di bidang perencanaan pembangunan daerah dan penelitian terapan di bidang kebijakan publik. Sejumlah Diklat Perencanaan Pembangunan untuk pejabat Pemda di Kabupaten dan Kota di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah telah dilaksanakan sejak tahun 2006 bekerjasama dengan Pusbindiklatren-Bappenas. Pengalaman tersebut kemudian sangat mewarnai kurikulum di Program MSAP-UNLAM ini.

Gagasan perlu didirikannya Program MSAP-UNLAM didasarkan pada fakta yang diyakini oleh pendirinya bahwa dari pengalaman terpusatnya segala kekuasaan pemerintahan di masa Orde Baru telah cukup banyak memberikan pelajaran betapa tidak berdayanya stakeholders di luar institusi pemerintah untuk mengontrol kinerja birokrasi. Salah satu hal yang kemudian sangat menonjol adalah munculnya gejala kurang berkembangnya kreativitas Pemerintah Daerah untuk memajukan kesejahteraan rakyatnya dengan alasan karena kebijakan pembangunan yang sentralistik. Namun demikian, tatkala kebijakan desentralisasi telah memberikan peluang lebih luas kepada daerah untuk membuat kebijakan lokal yang pro-rakyat ternyata tidak juga terbukti bahwa akuntabilitas publik Pemda-Pemda dan penguasa lokal menjadi meningkat. Ada persoalan dalam perencanaan pembangunan di daerah. Ada masalah struktural yang belum terselesaikan untuk membangun partisipasi masyarakat menjadi lebih baik dalam dinamika pembangunan di daerah. Di sinilah Program MSAP-UNLAM diasumsikan bisa berperan besar sebagai fasilitator perubahan dalam rangka memberikan kondisi yang lebih baik bagi perkembangan pembangunan daerah yang pro-rakyat.

Melalui proses yang cukup panjang, Program MSAP UNLAM mendapatkan izin prinsip untuk menyelenggarakan program S2 dan menerima mahasiswa berdasarkan Surat Dirjen Dikti Nomor: 2163/D/T/2007 tanggal 10 Agustus 2007; dan kemudian mendapatkan legitimasi sebagai bagian dari Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat melalui Surat Keputusan Rektor Unlam nomor: 820/H8/KP/2007 tanggal 17 September 2007.